Aliansi OKP Di Sorong Selatan, Galang Dana untuk Korban Banjir Sire dan Sidi Mare Selatan Kabupaten Maybrat

aliansi-okp-di-sorong-selatan,-galang-dana-untuk-korban-banjir-sire-dan-sidi-mare-selatan-kabupaten-maybrat

Aliansi OKP Di Sorong Selatan, Galang Dana untuk Korban Banjir Sire dan Sidi Mare Selatan Kabupaten MaybratLiputan4_Teminabuan– Relawan kemanusiaan yang tergabung dari beberapa Organisasi Kapemudaan (OKP) di kabupaten Sorong Selatan, seperti GMNI, GAMKI, GMKI,PMKRI,Pemuda Katolik melakukan aksi penggalangan dana peduli banjir di Kampung Sire dan Sidi, Distrik Mare Selatan Kabupaten Maybrat yang terjadi semenjak awal bulan Juli 2022 hingga saat ini.

 

Aksi dari OKP yang tergabung dalam aliansi pemuda Sorong Selatan peduli bencana banjir kampung Sidi dan kampung Sire berlangsung, Kamis (28/7/2022). Bertempat dibeberapa titik yaitu, pasar Ampera Teminabuan dan di pertigaan jalan trans Teminabuan -Ayamaru tepatnya di depan pos Lantas lapangan Trinati Teminabuan.

 

Kordinator lapangan (Korlap) aksi tersebut, Obaja Saflessa mengatakan aksi penggalangan dana ini sebagai bentuk solidaritas kemanusian bagi saudara-saudari korban bencana banjir di kampung Sire dan Sidi, Distrik Mare Selatan Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat.

 

“Aksi kami pemuda yang terhimpun dari beberapa organisasi pemuda di Kabupaten Sorong Selatan, ini secara spontanitas yang dengan tujuannya untuk membantu meringankan warga masyarakat yang terkena bencana banjir selama 20 hari di kampung Sire dan Sidi,” ujarnya.

 

Menurut kader GMNI Sorong Selatan ini, aksi ini dilakukan setelah pihanya mendapatkan laporan dan informasi kalau bencana banjir yang melanda dua kampung tersebut sudah terjadi semenjak awal bulan Juli. Dampak dari banjir tersebut, warga di sana mengalami kendala karena akses menuju wilayah itu telah putus karena digenagi air setinggi kurang lebih 4 Meter.

 

Obaja menjelaskan, bencana banjir yang melanda dua kampung itu terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi di bulan Juli ini sehingga mengakibatkan luapan air di beberapa kali di wilayah itu dan mulai tergenang air terjadi sejak 8 Juli hingga saat ini 28 Juli 2022.

 

Sembari, dirinya berharap setelah adanya aksi solidaritas kemanusian peduli bencana banjir di kampung Sire dan Sidi Kabupaten Maybrat itu bisa segera mendapat perhatian bantuan dari warga Sorong Selatan. “Saya mewakili teman-teman pemuda berharap agar masyarakat di kabupaten Sorong Selatan dapat membantu saudara-saudari kita disana (Sire dan Sidi,red) dengan sukarela,”imbuh dia.

 

Senada dengan itu, Ketua DPC GAMKI Sorong Selatan, Korinus Seranik mengutarakan aksi penggalangan dana yang dilakukan OKP ini sebagai wujud pelayanan kemanusian dari organisasi pemuda di Sorong Selatan.

 

Ia juga melihat bahwa, bencana banjir yang melanda dua kampung tersebut merupakan peristiwa alam dan dapat menganggu kehidupan manusia. Sehingga, atas nama kemanusian DPC GAMKI Sorong selatan secara organisasi terlibat dalam aksi solidaritas kemanusian yang dilakukan oleh aliansi pemuda Sorong Selatan peduli kemanusian bencana alam banjir di kampung Sidi dan kampung Sire.

 

 

“Aksi ini bukti dan wujudnyata kepedulian antar sesama manusia dan juga GAMKI bertujuan melaksanakan pelayanan kasih kepada umat Tuhan yang korban bencana banjir di kampung Sidi dan kampung Sire. Dampak dari bencana banjir itu telah melanda pemukiman warga GAMKI sendiri merupakan organisasi pelayanan jadi wajib melayani siapa saja yg membutuhkan bantuan dan pelayanan, seperti aksi galang dana yang sekarang dilakukan bersama kawan” OKP Cipayung di sorong selatan,” paparnya.

 

Selaku ketua GAMKI Sorong Selatan melalui aksi penggalangan dana ini, Korinus mengajak semua pihak, agar memberi dukungan doa dan berpartisipasi membantu saudara dan saudari kita di Kampung Sire dan kampung Sidi Distrik Mare Selatan sebagai bentuk solidaritas antar sesama umat Tuhan.

 

“Harapan kami, dengan hasil penggalangan dana yang dilakukan hari ini dan akan dilakukan selama dua hari kedepan nanti bisa dapat membantu meringankan beban dan dapat menjangkau kebutuhan yang diperlukan oleh saudara-saudari kita para korban banjir di kampung Sidi dan kampung Sire,” ucapnya.

 

Sementara itu ditemui terpisah, Agustinus Semunya, salah satu intelektual asal Mare Selatan yang berdomisili di Sorong Selatan sangat terharu setelah melihat aksi solidaritas kemanusian berupa penggalangan dana yang dilakukan aliansi pemuda Sorong Selatan. Ia memberi apresiasi dan ucapan terimakasih kepada aliansi pemuda Sorong selatan.

 

“Tidak ada sesuatu yang kami balas kepada OKP di Sorong Selatan yang telah melakukan aksi penggalangan dana, namun kami hanya bisa bawah dalam doa. Semoga Tuhan memberkati teman-teman pemuda di Sorong Selatan,”ungkapnya.

 

Selain melakukan aksi penggalangan dana, aliansi pemuda Sorong Selatan peduli bencana banjir kampung Sire dan Sidi, saat ini telah membuka Posko layanan donasi untuk menerima bantuan barang maupun bantuan bahan makanan dari perorangan maupun dari lembaga.

 

Posko donasi tersebut terletak di komoleks Pemda Trinati tepatnya di sekertariat GAMKI belakang gedung putih. Posko donasi ini dibuka untuk menerima bantuan sukarela dari warga masyarakat yang ingin membantu secara langsung.

 

Aksi penggalangan dana bagi warga korban banjir di kampung Sire dan Sidi, Mare Selatan yang di lakukan oleh aliansi pemuda Sorong Selatan. Yang terdiri dari Gerakan Mahasiswa Nasional Inodonesia (GMNI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Pemuda Katolik (PK) ini akan berlangsung selama 3 hari. (**)

Berita dengan Judul: Aliansi OKP Di Sorong Selatan, Galang Dana untuk Korban Banjir Sire dan Sidi Mare Selatan Kabupaten Maybrat pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Liputan4.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.