40 WBP Kota Pekalongan Terampil Menjahit dan Mengelas

40-wbp-kota-pekalongan-terampil-menjahit-dan-mengelas

Liputan4.com 01/08/2022
Kota Pekalongan –
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan sudah melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan pada bulan Juli lalu. Lapas Pekalongan mulai menggiatkan pelatihan menjahit dan las bagi 40 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan dibantu instruktur dari UPTD BLK Dinperinaker Kota Pekalongan.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pembinaan dan Kegiatan Kerja Lapas Pekalongan, Hariyadi saat dikonfirmasi di Lapas Pekalongan, Senin (1/8/2022). “Dengan PKS kemaren pelatihan lebih terstruktur dan sertifikat akan setara dengan pelatihan di BLK. Sebelumnya kami telah menyiapkan sarana dan WBP untuk berlatih menjahit dan mengelas sejak 8 Juli sampai 4 Agustus ini,” terang Hariyadi.

Terkait pelatihan menjahit, WBP tak hanya praktik, mereka mulai dari dasar seperti mengukur, membuat pola, memotong, dan menjahit. WBP yang mengikuti pelatihan memang memiliki skill menjahit, melalui pelatihan ini WBP akan mampu membuat pola, memotong, dan sebagainya. “Para WBP yang mengikuti pelatihan ini setelah keluar dari Lapas nanti harapannya dapat membuat usaha jahitan untuk menopang perekomiannya,” kata Hariyadi.

Begitu pula dengan pelatihan las, WBP sebelumnya sudah ada yang memiliki skill mengelas, kemudian Lapas membuat program untuk produksi rak sepatu, ternyata banyak pesanan meskipun baru pelatihan. “Terima kasih kepada BLK hasil pelatihan di sini sangat bagus,” kata Hariyadi.

Sementara itu, Instruktur Pelatihan BLK, Gunarno mengaku tak ingin WBP nanti setelah keluar dari lapas hanya bekerja tetapi membuka usaha. “Di sini para WBP dilatih dari materi dasar menjahit, kemampuan menjahit yang didasari dengan kemampuan dasar seperti mengukur, membuat pola, memotong, dan sebagainya hasilnya akan lebih maksimal,” kata Gunarno.

Salah satu WBP yang ikut pelatihan menjahit, Suroyo menyampaikan sejak mengikuti pelatihan dirinya sekarang sudah bisa membuat pola celana, baju, pakaian anak-anak, dan sebagainya sedangkan kemampuan menjahit sudah Suroyo miliki sebelumnya. Kini kemampuan Suroyo dinilai semakin meningkat.

Berita dengan Judul: 40 WBP Kota Pekalongan Terampil Menjahit dan Mengelas pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : DIAN PERTIWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.